Perbedaan Asuransi untuk Mobil dan Garansi Mobil

Perbedaan Asuransi untuk Mobil dan Garansi Mobil

Beberapa orang memang mengira bahwa asuransi untuk mobil itu sama dengan garansi mobil. Sebenarnya keduanya memang memberikan manfaat berupa perlindungan untuk mobil sehingga pemilik mobil akan merasa aman. Tetapi pada kenyataannya keduanya memiliki perbedaan dalam beberapa hal.

Perbedaan Asuransi Dan Garansi Mobil

Pengertian Asuransi Mobil dan Garansi Mobil

Asuransi untuk mobil adalah sebuah pertanggungan yang diberikan terhadap resiko yang terjadi pada mobil Anda. Sehingga biaya perbaikannya dapat ditanggung oleh perusahaan asuransi. Selain kerusakan, asuransi mobil juga dapat mengcover jika kendaraan Anda hilang atau dicuri. Dalam asuransi, terdapat pihak yang tertanggung dan perusahaan asuransi sebagai penanggung.

Garansi mobil adalah suatu jaminan yang diberikan oleh perusahaan penjual atau produsen mobil terhadap barang yang dijualnya bila terdapat kesalahan dalam proses produksi berupa kesalahan dari pekerja ataupun gagalnya bahan dalam jangka waktu tertentu. Jangka waktu tersebut biasanya berkisar antara 3-5 tahun. 

Perbedaan Asuransi dan Garansi Mobil

1. Perlindungan yang didapatkan

Asuransi mobil memberikan dua jenis perlindungan yaitu asuransi all risk yang memberikan tanggungan terhadap segala resiko yang menimpa mobil Anda. Segala resiko dimulai dari kerusakan ringan, kerusakan berat hingga resiko kehilangan akan ditanggung oleh asuransi all risk. Jenis asuransi yang kedua adalah total loss only yang menanggung kerusakan di atas 75 % serta kehilangan.

Garansi mobil memberikan perlindungan untuk mesin dan suku cadang berupa  pemberian gratis perawatan namun perawatan ini tidak berlaku untuk komponen yang telah habis terpakai. Selain itu, garansi mobil tidak menanggung resiko kehilangan kendaraan.

2. Biaya yang dikeluarkan

Untuk asuransi biaya yang dikeluarkan beragam tergantung jenis asuransi yang dipilih,perluasan asuransi, serta kebijakan perusahaan asuransi. Sementara biaya yang dikeluarkan untuk garansi mobil adalah tidak ada alias gratis. 

3. Tata cara klaim

Asuransi dapat diklaim dengan cara melaporkan resiko yang dialami dan cara membuat laporan dari kepolisian kemudian lengkapi berkas-berkas yang dibutuhkan seperti KTP, SIM, STNK, serta polis asuransi tak lupa juga formulir klaim yang sudah dibubuhi tanda tangan. 

Klaim garansi mobil dengan cara mendatangi dealer resmi perusahaan produsen mobil dengan membawa kartu garansi serta bukti-bukti lainnya. Selain itu Anda juga harus memastikan bahwa mobil Anda masih dalam masa garansi.Itulah penjelasan mengenai perbedaan garansi mobil dan asuransi untuk mobil. Semoga dengan membaca uraian tersebut Anda menjadi lebih paham mengenai perbedaan keduanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *