Syarat KPR Rumah Yang Harus Anda Ketahui

kta syariah

Jika anda tahun ini sudah memiliki rencana untuk membeli rumah baru, maka tentu kini ada banyak sekali cara beli yang lebih mudah tanpa harus membeli secara tunai. Karena seperti yang kita ketahui bahwa harga rumah sekarang tentu semakin meninggi, dan untuk mengumpulkan uang sampai ratusan juta, tentu akan dirasa lama dengan gaji yang pas-pasan. Untuk itu dengan cara KPR atau Kredit Pemilikan Rumah yang sudah disubsidi oleh pemerintah, kini anda bisa memiliki rumah atas nama sendiri dengan lebih mudah. 

Dp yang ringan serta cicilannya yang terjangkau, tentu menjadi salah satu penawaran yang menarik bagi anda yang tidak ingin lagi menetap di rumah kontrakan atau rumah orang tua. Kendati demikian, sebelum anda mau mengajukan KPR ini, ada baiknya anda mengetahui syarat KPR Rumah ini sendiri, karena dengan begitu anda bisa mempersiapkannya jauh-jauh hari sebelum mengajukan KPR ini. 

Hasil gambar untuk Syarat KPR Rumah Yang Harus Anda Ketahui

Dan berikut persyaratannya,

  1. Tercatat sebagai WNI (Warga Negara Indonesia)
  2. Telah berusia 21 atau sudah menikah.
  3. KTP suami dan istri, jika sudah menikah
  4. Kartu Keluarga
  5. NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), 
  6. Surat keterangan sudah kerja dari perusahaan tempat Anda kerja, Informasi mengenai pekerjaan ini menjadi dirasa sangat penting untuk disertakan karena permohonan KPR ini akan memperhitungkan masa kerja anda, jenis pekerjaan anda, status kepegawaian anda, dan lain sebagainya. Dan untuk pengajuan KPR ini biasanya diharuskan seorang pengaju KPR sudah memiliki masa kerja minimal dua tahun atau lebih, dan sudah melewati masa percobaan atau dengan catatan sudah menjadi karyawan tetap.
  7. Slip gaji atau keterangan sumber penghasilan, hal ini menjadi diperlukan untuk memperhitungkan kredit yang akan dibayarkan serta kemampuan membayar angsuran kredit, dengan rata-rata angsuran yaitu 30 sampai 33% dari total gaji yang didapatkan.
  8. Rekening koran, Rekening koran ini diperlukan juga untuk mengecek kebenaran dari gaji yang diterima setiap bulannya, dan bisa juga melakukan pengecekan-pengecekan dari transaksi-transaksi yang sering anda lakukan.

Beberapa persyaratan yang telah disebutkan diatas, tentunya menjadi persyaratan umum yang harus anda penuhi dalam mengajukan KPR ke pihak perbankan manapun. Kalaupun ada persyaratan lainnya yang tidak tercantum diatas, percaya saja bahwa persyaratan tersebut merupakan persyaratan yang juga harus dipenuhi agar bisa mendukung keabsahan data anda agar bisa tervalidasi dengan mudah. 

Kendati demikian, jika anda tidak memiliki dana yang cukup besar untuk membayar DP dan persyaratan administrasi lainnya, anda bisa melakukan pinjaman melalui KTA Syariah dari perbankan yang menyediakan fasilitas tersebut. Karena sejatinya anda akan memerlukan dana ekstra untuk untuk mengurus persyaratan-persyaratan kredit rumah agar cepat selesai dan tak akan menemukan kesulitan di kemudian hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *