Cara Mengganti Popok dengan Tepat Agar Bayi Tetap Nyaman

334 views

Pemakaian popok tentunya harus dijaga kenyamanan dan kesehatannya untuk bayi. Upaya penggantian popok juga harus diperhatikan, terlebih untuk popok instan. Selain memperhatikan waktu yang tepat untuk melakukan penggantian, Anda juga harus mengganti popok dengan cara yang benar agar bayi tetap nyaman. Lakukanlah cara berikut ini.

  1. Menyiapkan Semua Perlengkapan yang Dibutuhkan

Dalam proses penggantian popok, tak hanya popok baru saja yang dipersiapkan. Anda juga perlu menyiapkan semua perlengkapan yang dibutuhkan untuk mengganti popok bayi. Gantilah popok secara berkala dengan semua perlengkapan tanpa terkecuali. Siapkan kapas, baskom berisi air hangat, krim anti ruam, tisu basah, pakaian bersih, dan handuk.

Selain itu, siapkan juga baby oil untuk dioleskan pada bagian selangkangan bayi agar melindungi kulitnya yang sensitif dari luka akibat gesekan popok. Iritasi juga bisa dicegah dengan pemberian baby oil. Siapkan juga keranjang untuk meletakkan pakaian kotor dan buanglah popok kotor.

     2. Meletakkan Bayi Secara Terlentang

Saat mengganti popok, letakkan bayi dengan posisi yang benar untuk menjaga kenyamanan bayi dan memudahkan Anda dalam mengganti popok. Dengan posisi terlentang, bayi akan merasa nyaman selama proses penggantian popoknya. Cara ini juga aman dan hendaknya dilakukan setiap kali penggantian popok.

    3. Memegang Kedua Pergelangan Kaki untuk Mengambil Popok yang Kotor

Dalam mengganti popok, peganglah kedua pergelangan kaki bayi untuk mengambil popok yang kotor. Cara ini merupakan cara yang mudah dan tentunya aman. Hendaknya cara ini dilakukan setiap kali proses penggantian popok. Lakukan dengan benar agar bayi tetap nyaman.

     4. Membersihkan Area Genital dan Keringkan

Setiap kali mengganti popok, tentu secara otomatis Anda harus tetap membersihkan area genital. Walaupun bayi tidak buang air besar dan hanya buang air kecil saja, Anda harus tetap membersihkan area genital. Bersihkan dengan perlahan karena kulit bayi masih sensitif. Hilangkan kotoran dan bersihkan area genital dengan kapas yang sudah dibasahi dengan air.

Lakukan secara berulang sampai bersih dan periksalah secara keseluruhan hingga ke bagian pantat bayi. Setelah selesai membersihkan, selanjutnya adalah mengeringkan area genital bayi agar tidak lembab saat dipakaikan popok.

     5. Memasang Popok yang Baru

Proses selanjutnya adalah memasang popok khusus bayi yang baru dengan kualitas terbaik. Popok yang baru ini harus memenuhi kriteria popok berkualitas, yaitu yang lembut dan mudah direnggangkan. Cara memakaikan popok adalah dengan memasukkan popok ke kaki bayi satu per satu secara perlahan.

     6. Memakaikan Celana dan Meletakkan Bayi di Tempat Aman

Setelah selesai memasangkan popok yang baru, maka pakaikan celana yang baru dan bersih. Sesudah itu, maka selanjutnya adalah meletakkan kembali bayi di tempat yang aman sembari Anda merapikan segala perlengkapan bayi saat digunakan untuk mengganti popok.

Demikianlah beberapa cara yang dilakukan untuk  memberikan kenyamanan pada bayi ketika mengganti popoknya. Hal ini harus dilakukan agar bayi tidak rewel setiap kali penggantian popok. Akan tetapi, jangan lupa untuk memilih popok yang berkualitas. Untuk memperolehnya, Anda tak perlu cemas karena Orami sudah menyediakan popok lembutnya.

Leave a reply "Cara Mengganti Popok dengan Tepat Agar Bayi Tetap Nyaman"