Inilah Standard Shuttlecock yang Digunakan dalam Bermain Badminton

88 views

Olahraga badminton termasuk salah satu jenis olahraga yang memang sangat populer di dalam negeri, penggemarnya bukan hanya dari kalangan anak-anak saja, melainkan juga orang dewasa, karena memang sangat menyenangkan untuk dilakukan juga kaya akan berbagai macam manfaat untuk kesehatan. Permainan yang satu ini nyatanya juga lebih minim menggunakan peralatan. Hanya dengan berbekal sebuah lapangan, net, raket dan juga shuttlecock sudah cukup untuk menunjang permainan.

Tak jarang bahkan diantaranya beberapa jenis turnamen yang diadakan untuk olahraga yang satu ini. Sehingga jika ingin menjadi seorang atlet bulu tangkis yang handal maka sedini mungkin akan jauh lebih baik untuk mulai berlatih di rumah. Kebanyakan diantara peralatan yang paling mudah sekali rusak ketika digunakan untuk bermain adalah cock ini, karena pada dasarnya memang hanya dibuat dari bahan dasar bulu angsa sehingga agak miris karena terlalu banyak dipukul sehingga membuatnya jadi rusak. Anda pastinya harus mengeluarkan banyak uang untuk membelinya jika terlalu gemar dalam bermain bukan.

Item yang satu ini memang pada dasarnya dijual di pasaran dengan harga yang cukup murah, namun jika harus berkali-kali mengganti yang baru sudah pasti akan menghabiskan budget. Adapun juga beberapa hal yang harus Anda ketahui terkait dengan standard dari shuttlecock yang bagus, diantaranya adalah:

  1. Bahan, material yang umumnya dipakai dalam pembuatan cock ini adalah bulu angsa putih, tentunya dipilih yang berkualitas bagus, namun untuk produk-produk replika yang dibanyak dijual di pasaran, nyatanya tak semuanya dibuat dari bulu angsa putih, melainkan juga ada yang dibuat dari bahan dasar bulu bebek atau bahkan ayam, tentunya setelah dilakukan proses pengecatan atau menghilangkan warnanya terlebih dahulu, sehingga tampilannya terlihat putih seperti halnya bulu angsa, mengingat bulu angsa agak sulit didapatkan di pasaran.
  2. Jumlah bulu, ada hitungan tersendiri untuk jumlah bulu yang nantinya akan disematkan dalam cock ini, yaitu setidaknya ada 16 buah bulu yang akan ditancapkan dalam bola busa karet tersebut, tidak kurang maupun lebih, karena sudah di desain dengan ukuran bulu yang sama. Selain itu jumlah tersebut juga memungkinkan agar cock nantinya lebih simetris dan rapat, jadi kecepatannya juga kian tinggi untuk bermain bulu tangkis.
  3. Panjang bulu, untuk ukuran panjang yang sudah ditentukan adalah 62 sampai dengan 70 mm, tidak lebih dan tidak kurang, hanya berkisar angka tersebut untuk mendapatkan kenyamanan ketika bermain badminton.
  4. Ukuran, sedangkan jika melihat dari ukuran lebarnya harus bisa mencapai diameter luar sebesar 58 hingga 68 mm, semua bulu tersebut nantinya dibentuk atau tergabung menjadi satu kesatuan yang kuat untuk digunakan dalam bermain.
  5. Bobot, sedangkan dari segi bobot satu buah cock yaitu terdiri dari bola busa yang dilapisi dengan karet kuat di permukaannya, kemudian juga ditambah dengan 16 bulu angsa putih, semuanya harus mencapai angka 4,47 hingga 5.50 gram, tidak boleh lebih dari itu, karena pada raket bulu tangkis sendiri memang sudah dirancang dengan bahan lebih ringan, tidak seperti raket yang digunakan bermain tenis lapangan yang desainnya lebih kuat untuk memukul bola kasti.

Jadi jangan sampai salah dalam memilih shuttlecock yang tepat untuk olahraga yang satu ini. Karena kenyataannya tidak semua yang dijual di pasaran sudah memenuhi standard yang telah ditentukan tersebut.

Leave a reply "Inilah Standard Shuttlecock yang Digunakan dalam Bermain Badminton"