1 min read

Kulit Gatal dan Kering Bikin Kurang Percaya Diri? Atasi Dengan Cara Ini

Salah satu masalah kulit yang kerap dirasakan adalah kulit terasa gatal. Kalau sudah begitu, pasti rasanya tidak nyaman dan bisa mengganggu aktivitas. Lantas, bagaimana cara mengatasi kulit gatal dan kering? Yuk simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Apa Penyebab Kulit Sering Gatal?

Jika kamu memiliki tipe kulit yang kering, biasanya kamu juga rentan mengalami kulit gatal. Ada beberapa hal yang bisa bikin kulit gatal karena kering, salah satunya adalah faktor usia. Seiring bertambahnya usia, kulit mengalami perubahan pada struktur selnya. Selain elastisitas yang menurun, kulit juga mulai kehilangan kelembapan alaminya.

Penggunaan AC atau pemanas ruangan dalam waktu lama juga bisa membuat kulit jadi kering. Yang mungkin tak kamu sangka, kebiasaan sering mencuci baju, piring, atau bahkan mandi terlalu sering juga dapat membuat kulit kehilangan kelembapannya dan jadi kering.

Bagaimana Tips Mengatasi Kulit Gatal dan Sensitif?

Kamu bisa menerapkan beberapa tips berikut ini.

Melakukan Eksfoliasi dengan Lembut

Eksfoliasi penting untuk mengangkat sel kulit mati, tapi jika kulitmu sensitif, sebaiknya lakukan dengan hati-hati. Pilih eksfoliator yang lembut. Hindari scrub yang terlalu kasar dan jangan eksfoliasi terlalu sering, cukup 1-2 kali seminggu agar kulit tidak iritasi dan tetap halus tanpa mengganggu skin barrier.

Menggunakan Pelembap

Pelembap sangat penting untuk menjaga kulit sensitif tetap terhidrasi dan sehat. Pilih pelembap yang memiliki kandungan seperti hyaluronic acid dan ceramide akan membantu mempertahankan kelembaban kulit. Gunakan pelembap secara rutin setelah mandi untuk mengunci kelembapan di kulit.

Memenuhi Nutrisi Kulit

Kulit gatal dan sensitif juga perlu nutrisi dari dalam. Pastikan asupan makanan mengandung cukup vitamin E, C, dan omega-3 yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan memperbaiki skin barrier.

Kamu bisa memilih produk perawatan kulit gatal, kering, dan sensitif dari AVEENO yang akan membantu melembapkan dan menyehatkan kulitmu. Dengan bahan yang aman dan berkualitas, AVEENO akan membantu menjaga kulitmu dalam jangka panjang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *