Transaksi Murah Sampai Gratis Transfer dengan Layanan BI Fast
3 mins read

Transaksi Murah Sampai Gratis Transfer dengan Layanan BI Fast

Sejak beberapa tahun terakhir, layanan BI Fast sangat populer terutama di kalangan orang-orang yang sering melakukan transaksi transfer. Salah satu alasannya karena transaksi murah sampai dengan gratis transfer di bank-bank tertentu. Apakah Anda masih membayar Rp6.500,00 per transaksi transfer ke bank lain? Maka waktunya Anda mengenal yang namanya BI Fast ini.

Mengenal BI Fast

BI Fast merupakan singkatan dari Bank Indonesia Fast Payment. Artinya layanan satu ini dihadirkan oleh Bank Indonesia untuk memudahkan transaksi transfer ke berbagai bank. Lebih mudahnya, BI Fast ini adalah versi modern dari layanan Bank Indonesia sebelumnya yaitu SKNBI atau Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia.

Keuntungan Menggunakan BI Fast

Ada beberapa keunggulan dari BI Fast yaitu:

  1. Biaya transfer lebih murah sampai gratis

Sebelum adanya BI Fast, transfer ke bank lain dikenakan biaya administrasi sebesar Rp6.500,00. Memang tampak tidak terlalu besar jika uang yang dikirim banyak. Namun jika uang yang dikirim sedikit dan Anda sering melakukannya, maka biaya administrasi menjadi sangat banyak.

Bayangkan saja, transaksi sebanyak 10 kali saja sudah memotong saldo Anda hingga Rp65.000,00. Biaya tersebut sangat besar jika Anda adalah pelaku bisnis online yang masih merintis. 

BI Fast menjadi solusi karena biaya transaksi lebih murah yaitu Rp2.500,00 saja. Bahkan ada beberapa bank yang memberikan promo gratis biaya transfer ke bank lain. Cari saja bank yang menawarkannya untuk Anda.

  1. Cepat dan efisien

Meskipun menggunakan layanan dari Bank Indonesia, bukan layanan bank sendiri, namun transaksi terjadi dengan cepat. Bahkan prosesnya bisa dibilang realtime. Setelah transaksi berhasil, uang akan terkirim ke tujuan saat itu juga. 

Transfer dana hanya membutuhkan waktu kurang dari 1 menit saja. Selain itu, transaksi juga bisa dilakukan kapan saja. Berbeda dengan RTGS atau kliring yang memiliki jam operasional sendiri.

  1. Aman dari tindak kejahatan

Keamanan transaksi terjaga karena beragam fitur keamanan diterapkan. Contoh fitur keamanan yang digunakan yaitu Countering Financing of Terrorism (CFT), fraud detection, dan Anti-Money Laundering (AML). 

  1. Transfer melalui nomor HP atau email

Nomor rekening perbankan biasanya sangat panjang sehingga membuat Anda terkadang melupakannya. Tidak hanya transfer melalui nomor rekening saja, dengan BI Fast Anda juga bisa transfer melalui nomor HP atau email. Nomor HP dan email tersebut berlaku sebagai alamat proxy. Anda harus mendaftarkannya terlebih dahulu sebelum memakainya.

Cara Menggunakan BI Fast di Bank Sinarmas

Bank Sinarmas merupakan bank yang sudah menggunakan layanan BI Fast. Juga termasuk salah satu bank yang menawarkan promo gratis biaya transfer ke bank lain. Cara transfer dana menggunakan layanan BI Fast yaitu sebagai berikut:

  • Langkah 1: Masuk ke aplikasi SimobiPlus.
  • Langkah 2: Di halaman awal, pilih menu “Send”.
  • Langkah 3: Pilih “Transfer Domestik”.
  • Langkah 4: Tentukan tujuan transfer (nomor rekening, nomor Hp, atau email).
  • Langkah 5: Pilih rekening sumber dana dan masukkan nominal transfer.
  • Langkah 6: Pilih “Transfer BI Fast”.
  • Langkah 7: Masukkan kode SMS token yang masuk ke HP Anda.
  • Selesai. Anda tinggal screenshot bukti transfer untuk dikirim ke penerima.

Itulah informasi mengenai layanan BI Fast yang juga ditawarkan oleh Bank Sinarmas. Di periode promo tertentu, bank satu ini juga menawarkan transaksi gratis transfer jika menggunakan BI Fast. Anda harus selalu update karena promo bisa berlaku sewaktu-waktu. Selain gratis biaya transfer, bank juga memberikan promo-promo lain yang tak kalah menarik. Anda bisa melihat semua informasi seputar bank satu ini melalui website resmi. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *