Simak! Pengertian Digital Performance Marketing, Beserta Ragam Strateginya!
3 mins read

Simak! Pengertian Digital Performance Marketing, Beserta Ragam Strateginya!

Salah satu teknik pemasaran yang dinilai ampuh, untuk diterapkan di era yang sudah serba canggih ini adalah digital performance marketing.  Yang mana digital performance marketing ini sendiri adalah, salah satu cara pembayaran dari advertiser kepada publisher atas jasa pemasaran,, dengan berdasarkan target yang sudah ditentukan sebelumnya. 

Dengan mengandalkan media populer seperti misalnya sosial media (facebook, instagram, dll), dan search engine (google), diharapkan iklan yang ditampilkan bisa menghasilkan konversi angka penjualan ataupun tindakan lainnya dari calon target konsumen baru. 

Berbagai Jenis Strategi Marketing Digital Performance 

Adapun berbagai macam pilihan strategi performance digital marketing ini, bisa Anda simak sebagai berikut:

  • Cost per impression (CPM)

Strategi pemasaran yang pertama yang bisa diaplikasikan adalah cost per impression (CPM). Yang artinya, strategi pemasaran ini mengharuskan advertiser membayar kepada pihak publisher ketika iklan yang sudah di pos, sudah dilihat per 1.000 impression. 

  • Cost per click (CPC)

Kedua, ada strategi pemasaran cost per click (CPC), yang dari namanya kita sudah bisa menebak bahwa jenis pembayaran yang dilakukan adalah ketika sudah ada user yang sudah mengklik iklan yang sudah ditampilkan. 

Setidaknya dengan hanya mengklik iklan yang sudah ditampilkan oleh pihak publisher dalam media tertentu. 

  • Cost per leads (CPL) / pay per lead

Selanjutnya ada strategi cost per leads, yang dimana jenis pemasaran ini mengharuskan pihak dari advertiser melakukan pembayaran ketika sudah ada lead yang baru. 

Dengan artian, pembayaran yang dilakukan adalah ketika sudah ada user yang melakukan pengisian data atau melakukan sign up data dari situs website yang sudah ditentukan. 

  • Cost per acquisition (CPA) / pay per sale

Strategi terakhir adalah cost per acquisition, yang mana dalam penerapannya pihak dari advertiser akan melakukan sejumlah pembayaran jika sudah ada user, yang sudah melakukan tindakan nyata atas iklan yang sudah ditampilkan. 

Untuk berbagai tindakannya sendiri, seperti diantaranya melakukan pengisian formulir, melakukan action pembelian, dan lain sebagainya. 

Manfaat Mengaplikasikan Teknik Pemasaran yang Satu Ini

Untuk berbagai manfaat dari menerapkan teknik pemasaran ini, tentunya perusahaan Anda hanya harus membayar apabila sudah ada hasil yang terlihat nyata. 

Alhasill uang yang akan Anda keluarkan secara otomatis akan tidak terasa sia-sia, dan untuk resiko kerugian akan jauh lebih rendah jika harus melakukan pembayaran atas jasanya di awal kontrak kerja. 

Selain itu manfaat lain yang bisa dirasakan adalah, perusahaan dapat mengukur return on investment (ROI) secara akurat dan juga dalam konsep waktu yang real time.

Karena ketika ada user yang sudah mengklik iklan yang ditampilkan atau melakukan tindakan lebih lanjut, perusahaan jadi bisa langsung pelacakan ROI pada saat itu juga.    

Dan seperti itulah sedikit penjelasan mengenai berbagai hal mengenai digital performance yang perlu Anda ketahui. Kalaupun perusahaan Anda ingin juga mengaplikasikan strategi ini namun tidak tahu cara memulainya, maka bisa berkonsultasi dulu dengan Diginet. 

Yang mana Diginet ini sendiri merupakan salah satu digital agency terbaik saat ini di Indonesia, yang sudah banyak membantu para pelaku usaha dalam negeri, dalam mengoptimalkan penerapan strategi digital marketing nya. 

Selain itu, digital agency ini juga menawarkan jasa pelayanan lainnya, seperti jasa pembuatan website, SEO, Google Ads, SMM dan masih banyak lagi yang lainnya. Kunjungi situs resmi Diginet sekarang juga, untuk informasi lebih lanjut. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *