Mengenal Apa Itu Digital Agency dan Layanan Apa Saja yang Ditawarkannya
3 mins read

Mengenal Apa Itu Digital Agency dan Layanan Apa Saja yang Ditawarkannya

Menjalankan bisnis di era modern seperti sekarang, tentu membutuhkan pemikiran yang lebih inovatif lagi agar bisnis yang dimiliki mampu bersaing dengan yang lain. Salah satunya menggandeng digital agency bisa menjadi pilihan tepat. Pasalnya, agensi tersebut menawarkan jasa digital marketing atau pemasaran online melalui jaringan internet. 

Seperti yang sudah diketahui bersama, pengguna internet saat ini berkembang sangat pesat. Kesempatan ini tentu harus dimaksimalkan sebaik mungkin oleh para pengusaha untuk memasarkan produk atau jasanya. 

Apa Itu Digital Agency?

Digital Agency atau agensi digital sendiri merupakan sebuah perusahaan yang bertugas untuk membantu para pelaku usaha dengan menggunakan dunia digital mulai dari melakukan promosi, memaksimalkan target pemasaran, pemanfaatan teknologi, pengembangan kreativitas dalam pembuatan konten pemasaran, data analysis, penerapan strategi SEO dan lain sebagainya.  

Sebuah agensi digital tentu diisi oleh para tenaga ahli dan berpengalaman dalam hal pemasaran digital. Selain itu, agensi ini juga biasanya mengkombinasikan antara faktor humanis, teknologi, psikologis dan antropologi yang menjadi media baru dalam kapasitas yang lebih besar.

Tak hanya itu, umumnya agensi tersebut juga menyediakan berbagai layanan jasa yang sesuai dengan kebutuhan para kliennya. Adapun beberapa jenis layanan yang biasanya disediakan oleh agensi digital yaitu:

  1. Pembuatan website

Layanan pertama yang biasa ditawarkan oleh agensi digital yakni membantu membuat website perusahaan sekaligus company profile-nya. Di era sekarang, memiliki website resmi bisa menjadi tolak ukur keprofesionalan suatu perusahaan. Website tersebut biasanya berisikan beberapa hal, seperti profil perusahaan, sejarah berdirinya perusahaan hingga menampilkan produk yang ditawarkan. 

Untuk cost atau biaya yang harus dikeluarkan penggunaan jasa ini tentu beragam sesuai dengan ketentuan dan tingkat kesulitan dalam pembuatan desain, menu, tampilan serta isi website. 

Pembuatan website sendiri merupakan suatu hal yang kompleks. Sebab website tersebut harus benar-benar bisa menarik perhatian sehingga dibutuhkan effort tinggi dan pemikiran yang matang.

digital agency
  1. Jasa social media marketing

Selain pembuatan website, agensi digital juga menawarkan jasa pemasaran produk melalui berbagai platform atau biasa disebut dengan social media marketing. Adapun didalamnya meliputi penyelenggaraan social media campaign, pengelolaan konten media sosial dan lainnya. Penerapan metode ini bisa menjadi langkah tepat mengingat semakin banyaknya pengguna sosial media. 

Menggunakan sosial media sebagai sarana pemasaran digital, bisa lebih mudah dalam meningkat brand awareness sebuah produk dan memudahkan untuk menjalin hubungan dengan para konsumen. 

Selain menyelenggarakan social media marketing, agensi digital juga memiliki tim creative yang akan melakukan analisis promosi, membuat konten yang kreatif dan inovatif, mengatur jadwal tayang konten, serta menganalisis hasil campaign.

  1. Email marketing

Agar terlihat lebih kredibel, biasanya perusahaan profesional juga memiliki email khusus dengan nama domain website. Umumnya, pembuatan email marketing akan diberikan oleh agensi digital satu paket dengan pembuatan website. 

Dengan adanya email perusahaan, maka pengusaha dapat memberikan informasi kepada konsumen dengan lebih mudah.

  1. Jasa SEO (Search Engine Optimization)

Seluruh pengguna internet tentu menggunakan search engine untuk mencari informasi yang mereka inginkan. Nah, agar website yang dimiliki bisa lebih mudah ditemukan dan berada di posisi teratas dalam hasil pencarian, maka harus menggunakan teknik SEO. 

Dengan menggunakan ahli SEO dari agensi digital, mereka akan melakukan teknik ini sesuai aturan Google agar dapat diterima oleh Google crawl.

Bagaimana Anda tertarik menggunakan layanan ini? Jika ya, Anda bisa menggandeng salah satu digital agency terbaik di Indonesia yaitu Ideoworks. Mereka dapat membantu mengembangkan bisnis Anda karena Ideoworks memiliki tim yang profesional dan berpengalaman di bidang digital marketing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *