Yuk, Segera Investasi Reksadana untuk Masa Depan yang Lebih Pasti!
3 mins read

Yuk, Segera Investasi Reksadana untuk Masa Depan yang Lebih Pasti!

Jika kamu sudah bekerja dan mempunyai penghasilan sendiri, sebaiknya jangan hanya memikirkan gaya hidup konsumtif. Persiapkan masa depan mulai sekarang investasi reksadana. Instrumen investasi ini sangat cocok untuk kamu yang masih pemula karena tidak memerlukan dana besar.

Apa Itu Reksadana?

Supaya kamu lebih paham dengan istilah reksadana, maka cari tahu dulu asal istilah ini. Reksadana diambil dari bahasa Jawa kuno yang mempunyai makan menjaga dana, sedangkan bahasa kerennya yaitu mutual fund. 

Secara sederhana pengertian reksadana adalah sebuah Lembaga yang menampung dana dari masyarakat atau dana kolektif. Selanjutnya, dana yang sudah terkumpul tersebut akan dikelola menjadi produk investasi atau portofolio efek.

Adapun produk-produk investasi yang dimaksud antara lain deposito, surat utang atau obligasi, saham serta surat berharga lainnya. Semua itu dikelola oleh manajer investasi yang sudah mengantongi izin dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan). 

Apa Saja Keuntungan Reksadana?

Kamu yang menjatuhkan pilihan investasi reksadana, maka akan mendapatkan sejumlah keuntungan seperti berikut:

Bisa Dicairkan Kapan Saja

Reksadana memiliki likuiditas yang tinggi sehingga saat memerlukan uang tersebut Kembali, kamu bisa mencairkan kapan saja. Hal ini tentu berbeda dengan instrumen investasi deposito yang mengharuskanmu menunggu hingga jangka waktu yang disepakati.

Bukan Objek Pajak

Keuntungan menarik berikutnya memilih reksadana yaitu bebas dari pajak. Hal ini lantaran reksadana bukan termasuk objek pajak. Perusahaan manajer investasi yang mengelola dana tersebutlah yang akan menanggung biaya pajak.

Dengan kata lain, keuntungan yang akan kamu terima dari reksadana adalah keuntungan bersih dan bebas pajak. Namun, jika kamu memilih produk saham, deposito, obligasi, atau jenis surat berharga, maka akan dibebankan pajak.

Tidak Perlu Analisa Mendalam

Reksadana memberikan keuntungan bagi pemula yaitu tidak memerlukan analisis secara mendalam. Sebab, dana yang kamu investasikan akan dikelola oleh perusahaan manajer investasi. Selanjutnya, perusahaan yang akan mengalokasikan uangmu kemana.

Kamu pun tidak perlu khawatir karena mereka adalah tenaga profesional dan sudah ahli dibidangnya. Sebagai misal, kamu ingin membeli saham. Perusahaan manajer yang akan mengurus hal tersebut sehingga kamu tidak perlu pusing untuk menganalisis saham lagi.

Bebas Biaya Lain-Lain

Beberapa produk investasi biasanya mengharuskanmu untuk membayar biaya lain-lain. Hal ini tentu saja tidak nyaman karena mengharuskanmu mengeluarkan uang lagi. Namun kamu tidak akan mengalami hal yang seperti ini jika memilih reksadana.

Diatur Undang-Undang

Memilih produk investasi memang perlu selektif mengingat banyak yang tertipu dengan investasi bodong. Reksadana adalah produk investasi yang aman karena sudah diatur dalam undang-undang yang sah.

Adapun undang-undang yang mengatur reksadana yaitu UU Pasar Modal Nomor 8 Tahun 1995 Pasal 1 Ayat 27. Dengan demikian, reksadana tidak hanya aman namun juga bisa dipertanggungjawabkan secara hukum.

Terjangkau

Memulai investasi tidak harus dalam jumlah besar karena kamu bisa memulai investasi reksadana dengan nominal terjangkau. Hanya dengan Rp10.000,00 kamu sudah bisa membeli produk yang ditawarkan. Selain itu, tersedia pula produk terjangkau senilai Rp100.000,00. Nah, jadi tidak ada alasan lagi untuk tidak berinvestasi, kan?

Bank Sinarmas

Supaya kamu bisa melakukan pembelian produk-produk investasi dengan mudah dan praktis, sebaiknya segera instal aplikasi Simobiplus dari bank Sinarmas. Untuk kamu yang belum menjadi nasabah, bisa langsung mendaftar menggunakan aplikasi tersebut.

Bank Sinarma menyediakan produk investasi Danamas mulai dari Rp100.000,00. Meskipun dari nominal kecil namun jika kamu rajin melakukan investasi, kamu pasti akan mendapatkan keuntungan yang besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *