Cara Merawat Iritasi Popok Pada Kulit Bayi Dengan Tepat
2 mins read

Cara Merawat Iritasi Popok Pada Kulit Bayi Dengan Tepat

Gangguan kulit seperti iritasi popok memang bukanlah penyakit yang berbahaya. Namun, tetap membuat si Kecil merasa tidak nyaman. Bahkan jika dibiarkan, bukan tidak mungkin iritasi tersebut akan menimbulkan luka yang lebih serius.

Iritasi yang biasanya disebabkan oleh penggunaan popok dengan cara yang kurang tepat terjadi di area pantat dan selangkangan bayi. Salah satu gejalanya yaitu muncul radang kemerahan di area tersebut. 

Biasanya, radang tersebut muncul akibat intensitas gesekan antara kulit dengan popok, kondisi kulit yang terlalu lembab, penggunaan popok kotor yang terlalu lama, hingga kurangnya sirkulasi udara di penggunaan popok. 

Cara Tepat Merawat Kulit yang Terkena Iritasi Popok

Jika si Kecil terindikasi iritasi popok, Anda sebaiknya tidak terlalu khawatir, ya! Adapun beberapa langkah yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Kurangi memandikan bayi dengan air hangat

Perlu diketahui, kulit bayi sebenarnya belum butuh banyak untuk dimandikan. Bahkan mandi 3-5 kali dalam seminggu pun sebenarnya sudah cukup untuk si kecil. Namun, bukan berarti Anda tidak boleh memandikan bayi setiap hari. 

Namun yang perlu digaris bawahi adalah sebaiknya Anda mengurangi penggunaan air hangat terlalu sering untuk mandi, terutama pada area yang terkena iritasi. Pasalnya, air hangat justru bisa memperlama proses penyembuhan iritasi pada kulit mereka.

  1. Keringkan tubuh bayi setelah mandi

Setelah si Kecil dimandikan. maka pastikan Anda mengeringkan tubuh mereka dengan mengusapnya menggunakan handuk lembut. 

Pastikan tubuhnya benar-benar kering sebelum dipakaikan popok dan pakaian agar tidak ada bekas air yang berpotensi menimbulkan kelembaban yang dapat merangsang pertumbuhan jamur. 

  1. Angin-anginkan area tubuh yang akan terindikasi iritasi

Proses ini dimaksudkan agar kulit bayi bisa mendapatkan sirkulasi udara yang cukup dan menghindari dari kelembaban. 

Beri waktu 5-10 menit sebelum bayi dipasangkan popok agar area sensitif bayi benar-benar kering.

Itulah dia cara tepat dalam merawat kulit bayi yang terkena iritasi popok agar gangguan tersebut bisa cepat sembuh. Untuk meminimalisir terjadinya iritasi kulit, berikan popok MAKUKU Diapers pada si Kecil sesuai usianya.

MAKUKU Diapers sendiri merupakan popok era baru dengan fitur SAP (Super Absorbent Polymer) yang mampu membuatnya optimal dalam menyerap cairan sehingga kesehatan kulit bayi tetap terjaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *