2 mins read

Tips Membuat Sup Bakso Ayam Rumahan Rasa Spesial

Saat ini, olahan bakso di rumah yang Anda buat sendiri rasanya bisa sama seperti bakso lezat di penjual profesional. Jika Anda sudah membuat baksonya, Anda tinggal membuat sup bakso agar lezat dan memiliki citarasa tinggi layaknya di warung-warung bakso berkelas.

Untuk mengolah kaldu atau sup olahan bakso, ada beberapa hal yang sangat penting untuk Anda perhatikan. Salah satunya yaitu bahan-bahan yang digunakan untuk kuah sup olahan bakso ayam Anda.

Bahan-Bahan Ayam yang Digunakan

Hal pertama yang harus Anda perhatikan yaitu bahan-bahan ayam yang harus Anda siapkan di awal. Bahan-bahan yang bisa Anda gunakan yaitu bagian dada ayam dan tulang-tulang seperti tulang paha maupun sayap.

Untuk tulang ayam, Anda bisa memesannya di penjual daging ayam karena saat ini ada banyak penjual daging ayam yang juga menjual tulangnya.

Tulang dan daging bisa Anda rebus bersamaan. Kenapa harus menggunakan tulang ayam? Karena tulang ayam merupakan salah satu bagian dari ayam yang bisa digunakan sebagai bahan untuk pembuatan kaldu atau sup.

Bahan Pelengkap dan Bumbu

Bahan pelengkap dan bumbu untuk pembuatan kaldu atau sup olahan bakso pada dasarnya tidak sulit. Berikut beberapa jenis bahan pelengkap dan juga bumbu yang harus Anda persiapkan.

  • Bawang putih
  • Bawang merah
  • Bawang daun
  • Merica
  • Pala
  • Garam secukupnya
  • Masako ayam

Pisahkan bumbu-bumbu tersebut karena cara pengolahannya berbeda-beda. Bawang putih, pala dan merica bisa Anda haluskan terlebih dahulu. Sementara bahan lainnya dibiarkan dulu.

Cara Membuat Sup Olahan Bakso

Rebus daging dan tulang ayam hingga mendidih. Setelah itu, tumis bahan-bahan yang sudah Anda dihaluskan seperti bawang putih, pala dan merica, setelah matang dan wangi, masukan kuah ke dalam tumisan, aduk lalu biarkan hingga mendidih.

Setelah mendidih, masukkan garam dan penyedap rasa Masako secukupnya. Setelah itu, bahan-bahan sisanya seperti bawang merah, seledri dan bawang daun Anda jadikan sebagai toping. Untuk bawang merah, Anda goreng terlebih dahulu sampai renyah.

Demikian informasi seputar tips membuat sup bakso agar lebih gurih dan juga lezat. Setelah semuanya siap, Anda tuangkan kuah pada bakso yang sudah Anda olah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *