7 Profesi Dari Lulusan Fakultas Hukum Universitas Terbaik Indonesia Ini, Terbukti Sangat Menjanjikan! 
3 mins read

7 Profesi Dari Lulusan Fakultas Hukum Universitas Terbaik Indonesia Ini, Terbukti Sangat Menjanjikan! 

Mendapati pekerjaan yang menjanjikan seusai menempuh bangku perkuliahan, tentunya menjadi salah satu impian bagi seluruh mahasiswa yang ada di dalam negeri ini. Salah satu jurusan dengan prospek pekerjaan yang menjanjikan adalah jurusan ilmu hukum dari universitas terbaik Indonesia saat ini, yakni Universitas Indonesia (UI).

Sebagai sedikit gambaran saja, pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai ranah pekerjaan apa saja yang bisa didapatkan oleh lulusan fakultas hukum. Lebih lengkapnya, bisa Anda simak dibawah ini.

Ranah Pekerjaan Seorang Lulusan Fakultas Hukum

Berbagai pekerjaan atau profesi yang bisa didapatkan oleh lulusan fakultas hukum Universitas Terbaik Indonesia ini, bisa Anda simak sebagai berikut: 

  1. Notaris

Profesi sebagai Notaris atau sering dikenal juga dengan sebutan PPAT ini, memiliki tugas dalam pembuatan surat-surat, dokumen atau akta otentik yang selalu berkaitan dengan legalisasi hukum.

Namun untuk bisa menjadi seorang Notaris atau PPAT ini, Anda harus melanjutkan perkuliahan ke jenjang S2 atau mengambil Magister Kenotariatan. 

universitas terbaik indonesia
  1. Hakim 

Hampir bisa dipastikan bahwa kebanyakan para mahasiswa jurusan hukum menginginkan profesi yang satu ini. Sebab profesi sebagai hakim ini dinilai begitu menjanjikan, dengan tugasnya yang harus bisa memimpin jalannya sidang dengan baik, serta memberikan putusan sidang yang seadil-adilnya.  

  1. Jaksa

Masih dalam ruang lingkup persidangan, Anda juga bisa menjadi seorang Jaksa bila sudah lulus di bangku kuliah Ilmu Hukum. Memiliki tugas untuk mengumpulkan dan menyajikan bukti terhadap terdakwa persidangan, tugas jaksa haruslah bisa menyampaikan dakwaan yang sesuai dengan apa yang ada di lapangan, tanpa ada rekayasa sedikitpun.   

  1. Pengacara 

Profesi sebagai pengacara merupakan salah satu jenis profesi yang tidak kalah menjanjikan untuk didalami oleh lulusan ilmu hukum ini. Dari mulai level pengacara magang saja, jumlah gaji yang diterima sudah berada di kisaran angka Rp 2 juta – Rp 3 juta. 

Lain lagi untuk pengacara level junior, sudah bisa mendapatkan gaji perbulannya sampai Rp 7 juta – Rp 15 juta di setiap bulannya. Sementara untuk pengacara yang sudah memiliki nama besar, tentunya jumlah pendapatan mereka sudah berada jauh dari kisaran gaji pengacara magang dan pengacara muda ini. 

  1. Staff Legal

Bagi yang tertarik untuk bekerja dalam ranah korporat, maka profesi sebagai staff legal ini bisa Anda pilih. Yang mana tugasnya adalah mengatur serta menyelesaikan bentuk permasalahan hukum apa saja yang tengah dihadapi oleh perusahaan atau di Lembaga tempat ia bekerja. 

  1. Staff Ahli Kementerian

Tidak hanya bisa bekerja di dunia korporasi, lulusan ilmu hukum juga bisa bekerja di bawah naungan BUMN atau Kementerian yang ada di Indonesia. 

Karena hampir bisa dipastikan, seluruh Lembaga Negara di Indonesia akan membutuhkan seorang lulusan ilmu hukum ini, untuk mengurusi segala bentuk permasalahan hukum yang akan dihadapi.  

  1. Diplomat

Dengan sempat belajar Hukum Internasional di bangku kuliah, maka hal tersebut bisa menjadi modal utama untuk Anda bisa menjadi seorang diplomat di masa depan. 

Untuk lingkup pekerjaannya sendiri, seorang diplomat ini akan bertugas dalam kepengurusan hukum-hukum yang berlaku di antar negara, seperti misalnya hukum jual beli atau perbatasan. 

Menjadi nilai tambah lagi jika Anda sudah menguasai beberapa Bahasa asing, maka peluang Anda untuk menjadi seorang diplomat akan menjadi semakin terbuka lebar. 

Itulah sedikit ulasan mengenai berbagai profesi yang menjanjikan untuk seorang lulusan ilmu hukum di Universitas Terbaik Indonesia saat ini, yaitu Universitas Indonesia. Tertarik untuk kuliah di Universitas yang satu ini? Yuk daftar sekarang juga!

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *