4 Cara Efektif Menjalankan Campaign Bersama Creative Digital Agency
3 mins read

4 Cara Efektif Menjalankan Campaign Bersama Creative Digital Agency

Zaman sekarang ini pasti seluruh orang maupun perusahaan besar sudah mulai memanfaatkan ranah digital untuk kepentingan bisnisnya. Salah satunya adalah meningkatkan performa bisnis melalui campaign. Campaign ini diberlakukan biasanya untuk meningkatkan brand awareness yang akhirnya dikonversikan menjadi sales. Tentu saja dalam menjalankan sebuah campaign Anda akan membutuhkan bantuan dari sebuah creative digital agency agar bisa semakin optimal.

Ideoworks merupakan salah satu digital marketing agency ternama yang sudah lama serta berpengalaman pada bidang kreatif sehingga segala kebutuhan klien dapat dipenuhi untuk menunjang target bisnis.

Beberapa hal yang perlu Anda pikirkan Kembali sebelum menyusun sebuah campaign yaitu pastikan tujuannya terlebih dahulu, lalu ide, dan kemudian teknis pelaksanaannya. Dibutuhkan kreativitas untuk membuat dan juga memproses sebuah campaign, sebab pada implementasinya campaign harus dapat memberikan pesan yang ingin ditanamkan pada masyarakat serta memberikan makna yang dapat terus melekat hingga mudah diingat. Selain itu, anda tentu membutuhkan analytics tools guna membantu melancarkan penyusunan ide campaign yang Anda inginkan Maka dari itu, perhatikan berbagai cara membuat ide campaign yang efektif dan menarik dengan menggunakan analytics tools berikut.

Memahami komentar para audiens

Merencanakan sebuah ide merupakan hal yang cukup sulit bagi sebuah tim sebab hal tersebut membutuhkan hal yang bisa menyatukan sebuah ide, keinginan, serta kebutuhan klien yang mana akan memakan waktu cukup lama. Berbagai ide yang muncul tentu akan terbentuk secara abstrak dan belum bisa menjadi suatu kalimat yang dapat diekspresikan secara langsung.

Creative Digital Agency

Namun, solusinya yaitu Anda bisa menggunakan analytics tools untuk mendapatkan beragam data yang dibutuhkan. Mulai dari isu yang sedang sering menjadi bahan perbincangan audiens selama beberapa bulan terakhir di internet atau social media. Mulai dari isu sosial hingga isu yang berkaitan dengan brand klien Anda. Perlu diingat bahwa data-data tersebut tidak dapat menyaring komentar-komentar negatif dari audiens di internet.

Tagline ‘click bait’

Setelah menentukan tujuan campaign, mulai dari pesan yang ingin disampaikan hingga seluruh detilnya. Maka langkah selanjutnya Anda dapat menentukan tagline yang menarik atau ‘clickbait’ sehingga dapat diingat dengan mudah oleh para audiens.

Pada bagian menentukan tagline ini Anda dapat menggunakan tools yang bisa memberikan berbagai jenis kata yang sedang populer serta relevan dengan brand, produk, atau pun industri yang sesuai dengan brand Anda. Apabila ditemukan sebuah kata baku atau non-baku maka Anda bisa menggunakannya dengan tujuan agar bisa menarik lebih banyak audiens.

Momen yang tepat dan sesuai

Ada berbagai hal yang bisa menjadi bahan pertimbangan agar campaign yang dijalankan bisa menjadi lebih efektif serta menarik, salah satunya yaitu dengan memanfaatkan momen yang tepat. Konten dan juga tagline yang menarik serta ditunjang oleh momen yang tepat akan menjadi kombinasi yang luar biasa pada sebuah campaign.

Contoh yang bisa Anda analisa pada kasus ini misalnya seperti es kopi susu yang populer di saat musim panas, parsel atau hampers yang sangat digemari pada musim hari raya, dan trend atau topik lainnya. Dengan menggunakan tools yang tepat maka Anda bisa mendapatkan informasi terkait isu yang penting dan populer saat ini sekaligus mencari isu yang berkaitan dengan brand klien Anda.

Lakukan analisis hasil campaign yang sedang berjalan

Langkah terakhir, Anda harus memantau kondisi setiap akun sosial media yang sedang Anda jalankan pada masa campaign. Mulai dari engagement, follower, jumlah audiens, hingga respon audiens. Selain itu, tools juga bisa membantu Anda untuk mengetahui aktivitas kompetitor sebagai bahan perbandingan dengan brand Anda. Dan, selaku creative digital agency tentu mereka akan menjalankan tugasnya dalam menganalisis brand kompetitor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *